Manajemen Ide

Kembali kita belajar dari Toyota tentang manajemen ide.
Organisasi Toyota menerapkan satu juta ide per tahun. Ya, satu juta. Itu sekitar 80.000-an ide per bulannya. Ide ini datang dari berasal dari tingkatan organisasi. Dan justru tingkatan terbawah (orang lapangan) lah yang cenderung mengirim ide & masukkan terbanyak.
Dalam buku ‘The Elegant Solution’ disebutkan tentang pameran ide :
“Papan selancar yang bisa digunakan di darat. Mobil yang dikendalikan suara. Kendaraan yang ditenagai tupai. Di Toyota, kami menghargai ide, tidak soal seberapa konyol ide itu kedengarannya. Misalnya, temuan-temuan yang dihasilkan oleh Pameran Ide tahunan kami, suatu kompetisi unik untuk mendorong terciptanya inovasi teknologi yang serius oleh para karyawan melalui suasana yang menyenangkan. Contohnya, para pemenang baru-baru ini berkisar dari kereta salju Santa Klaus robotis yang lucu hingga kursi roda yang bisa dikendarai nyaris dimana saja – bahkan bisa naik turun tangga. Suatu hari nanti, kemajuan-kemajuan yang dibuat melalui pameran ide itu bisa diterapkan pada kendaraan Toyota. Maka, kami akan terus mendorong ahli mesin kami untuk sedikit menampilkan diri. Dengan demikian, mobil itu bisa menjadi lebih baik. Tomorrow…Cars without limits…Toyota (iklan ini muncul di majalah Fast Company, Desember 2002)”.
Kiichiro Toyoda mengatakan, “Ide yang berani, tindakan yang berhati-hati”.
Ok, mungkin bicara satu juta ide untuk perusahaan sekelas Toyota sangatlah jauh untuk dicapai bagi kita yang masih berada pada skala UMKM.
Bagi kita yang skala usahanya masih UMKM, yang terpenting bukanlah jumlah satu juta ide itu. Namun, sudahkah kita mulai untuk menggali potensi kita untuk menemukan ide-ide yang kadang bisa disebut ‘gila’.
Saya sendiri baru memulainya dengan skala puluhan dalam satu bulan.
Ide adalah tentang kreatifitas…

Comments (2)

Anonim

26 Mei 2009 pukul 10.50

Yup...yang paling menting memang bukan cman ide tapi bagaimana perealisasian dari ide itu..
jadi inget bukunya Keith McFarland yang terbaru..The Breakthrough Company, disana dikatakan UKM2 yang berhasil, rata2 bukanlah mereka yang mempunyai ide yang paling revolusioner, tp mereka yang mempunyai ide biasa tapi merealisasikannya dengan luar biasa..sukses!!

elm

19 April 2010 pukul 11.16

hah yg bener? pantes aja toyota bisa sukses. tp skrg kan lg kena masalah tuh. saya yakin toyota bisa melewatinya

Posting Komentar